Minggu, 14 Januari 2018

15 CONTOH SOAL PG DAN JAWABAN TENTANG KOMUNIKASI BISNIS

Edit Posted by with No comments


15 CONTOH SOAL PG DAN JAWABAN TENTANG KOMUNIKASI BISNIS

1. Apa pengertian Komunikasi
A. suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi diantara dua orang atau lebih dengan harapan terjadinya pengaruh yang positif atau menimbulkan efek tertentu yang diharapkan.
B. adanya timbal balik
C. Hubungan antara 2 orang
D. Semua benar
Jawaban : A


2. Sebutkan fungsi komunikasi bisnis , kecuali
A. informative
B. regulatory
C. persuasive
D. positive
Jawaban : D


3. Dalam komunikasi bisnis, terdapat beberapa tujuan tertentu. Berikut ini adalah beberapa tujuan komunikasi bisnis yaitu:
     A. Meningkatkan goodwill (nama baik) perusahaan.
     B. Meningkatkan hubungan baik perusahaan dengan masyarakat.
     C. Meningkatkan fungsi kepemimpinan dalam perusahaan.
     D. Semua benar
     Jawaban : D



4. Keuntungan dari penyampaian pesan secara tertulis adalah
A.  Adanya peluang untuk mengontrol pesan
B. Tidak adanya kesadaran bahwa pembicaraan (komunikasi lisan) sebenarnya merupakan sarana untuk mencapai tujuan bisnis
C. Tak berpikir soal tujuan komunikasi sehingga tidak merumuskan pesan yang akan disampaikan dan menetapkan khalayak yang menjadi sasaran
D. Tak merancang dan menyampaikan pesan secara logis
 Jawaban : A


5. Cara pengumpulan fakta dan informasi adalah melalui….
A. Dialog dan konsultasi
B. Temu-kenal masalah dan merumuskan masalah
C. Pendekatan pemecahan masalah
D. Gaya untuk pengambilan keputusan
Jawaban: A


6. Cara mengatasi hambatan dan memperbaiki komunikasi agar menjadi lebih efektif adalah:
   A. Komunikasi yang disampaikan oleh komunikator kepada kemunikan mendapat tanggapan positif,
  B. Komunikasi yang disampaikan oleh kemunikator mendapat tantangan dari komunikan.
     C. Memelihara iklim komunikasi terbuka
D. komunikasi yang disampaikan oleh kemunikator kepada komunikan 
Jawaban: C


7. Macam-Macam umpan balik
A. External Feedback
B. Internal Feedback
C. Zero Feedback
D. Benae semua
Jawaban; D


8. pengertian zero feedback 
A, komunikasi yang disampaikan oleh kemunikator kepada komunikan meskipun komunikan menyampaikan umpan balik tersebut tidak dipahami oleh komunikator.
B. Umpan balik yang netral berarti bahwa informasi yang diterima kembali oleh komunikator tidak relevan dengan pesan yang disampaikan semula.
C. Umpan balik yang diterima dalam komunikasi massa yang disimpulkan sendiri ioleh komunikator meskipun secara tidak langsung akan tetapi cukup relevan dengan pesan yang disampaikan.
D. Dalam bentuk surat kepada redaksi surat kabar, penyiar radio, dll. Hal ini umpan balik membutuhkan waktu.
Jawaban: A


9. Umpan balik yang baik diperlukan syarat-syarat tertentu antara lain
     A. Meningkatkan goodwill (nama baik) perusahaan.
     B.  Meningkatkan hubungan baik perusahaan dengan masyarakat.
     C. Umpan balik hendaklah tentang sesuatu yang khusus dan jelas bukan sesuatu secara umum dan kabur.
     D. Meningkatkan fungsi kepemimpinan dalam perusahaan.

10. Proposal adalah dokumen pengajuan kegiatan dari pihak luar kepada satu organisasi atau dari seseorang yang secara hierarkhis lebih rendah kepada orang yang lebih tinggi kewenangannya”. Oleh karena itu dalam proposal tersebut akan ada
A. Usulan kegiatan
B. Bentuk kegiatan
C. Pengusul kegiatan
D. Evaluasi
Jawaban: C


11. Dalam sesi presentasi, jika ada orang yang senang memberikan komentar dengan tujuan memancing orang lain tertawa dengan celetukannya, orang tersebut termasuk pada kategori
A. Si salah pentas
B. Si reaksioner
C. Si penuntut
D. Si egois
Jawaban: B


12. Dalam menjawab pertanyaan khalayak pada saat presentasi, salah satu strategi yang dikembangkan menurut Anjali adalah
A. Catat semua pertanyaan
B. Jawab dengan benar semua pertanyaan
C. Berikan jawaban yang berkualitas
D. Identifikasi semua pertanyaan
Jawaban: C

13. Adapun pedoman untuk membuat keputusan, kuncinya adalah sebagai berikut:
A. Terlebih dahulu, tentukan fakta-fakta dari persoalan yang sudah dikenal.
B. Identifikasi, bidang manakah dari persoalan-persoalan yang tidak berdasarkan fakta-fakta. Di bidang yang dikenal inilah, seorang Wirausaha harus menggunakan logika, penalaran, dan institusinya untuk membuat keputusan.
C. A dan B benar
D. A dan B salah
Jawaban : C

14. Membuat keputusan (decision making) adalah
A. suatu proses memilih alternatif tertentu dari beberapa alternatif yang ada
B.mencari dengan tepat
C.menentukan pilihan
D.salah semua
Jawaban : A

15. Fungsi komunikasi non-verbal, adalah
A.  Menggantikan pesan lisan
B. Menyampaikan pesan-pesan yang enak disampaikan secara lisan
C. Membentuk kesan yang tidak mengarahkan komunikasi
D. Tidak memperjelas relasi
Jawaban: A


0 komentar:

Posting Komentar